Menu Atas

Destinasi

Pengalaman menaikkan birahi kucing menggunakan ovalumon obat injeksi

Bagi breeder kucing, birahi kucing adalah anugerah. Dimana setelah moment ini akan memulai fase-fase lain yang akhirnya menghasilkan anakan sesuai yang diinginkan. Fase itu antara lain adalah fase perkawinan, kehamilan, kelahiran, dan merawat bayi-bayi kucing yang lucu.


Tapi bagaimana jika birahi kucing yang ditunggu tidak kunjung datang. Padahal umumnya birahi akan muncul secara alami sesuai pola anabul. Banyak breeder yang mengeluhkan kucingnya udah setahunan lebih tapi tidak birahi. Bahkan ada yang mengeluhkan kucingnya tidak birahi lebih dari 1 tahun setelah melahirkan anak pertamanya. 

Salah satu obat yang sering digunakan pecinta kucing untuk menaikkan birahi kucing adalah ovalumon. Obat injeksi yang disuntikkan secara subkutan antara kulit dan daging biasanya di daerah tengkuk. 

Kandungan dari obat birahi kucing ovalumon

Ovalumon injeksi ini mengandung Ethinyl estradiol 20.000 IU yang berfungsi atau digunakan untuk hewan yang sedang mengalami :

  • Feeble estrus atau dalam bahasa mudahnya adalah perubahan fisiologis yang secara berkala terjadi pada mamalia betina. Siklus ini dimulai dari waktu betina mengalami kematangan secara seksual. Tapi adakalanya fase ini mengalami penghambatan karena beberapa faktor.
  • Menurunnya figur ovarium 
  • Gangguan siklus estrus atau biasa disebut dengan gangguan masa birahi. Pada umumnya fase ini berlangsung sekitar 7 hari. Tapi secara garis beras, kucing akan mengalami masa birahi antara 2-19 hari. Tapi ada beberapa kucing yang mengalami gangguan masa birahi karena beberapa faktor.
  • Degenerasi ovarium 
  • Keguguran 
  • Pendarahan pada rahim 
  • Peradangan selaput lendir 

Cara penggunaan ovalumon injeksi pada kucing

Ovalumon ini diberikan melalui suntikan secara subkutan atau intramuskulat. Suntikan subkutan adalah suntikan yang diberikan di bawah kulit tapi tidak mengenai daging. Biasanya dilakukan pada tengkuk kucing dengan cara menarik / mencubit tengkuk kucing untuk memisahkan antara kulit dan daging. Kemudian disuntikkan diatara keduanya.

Dosis penggunaan ovalumon untuk menaikkan birahi kucing

Berikan 1ml suntikan setiap hari sekali selama 3 hari berturut-turut. Kalau belum terjadi penaikan birahi, maka perlu diberikan jeda waktu istirahat selama 3 hari. Kemudian baru diberikan 0.5ml setiap hari sampai 3 hari ke depan. Kalau masih belum terjadi birahi juga, maka perlu diperiksakan tentang kesehatan kucing lebih lanjut.

Pengalaman menggunakan ovalumon untuk menaikkan birahi kucing

Ovalumon adalah obat suntik yang sangat familiar digunakan oleh beberapa breeder. Di beberapa forum komunitas juga menganjurkan penggunaan ovalumon ini untuk kucing yang macet birahi dalam waktu yang lama. Tapi ada beberapa pengalaman di setiap pemberian kucing. Sehingga efek dari ovalumon ini berbeda di setiap kucing.

Ada beberapa kucing yang cocok sehingga diberikan 2x saja sudah muncul birahinya. Jadi bisa langsung dikawinkan dengan pejantan pilihan.

Ada beberapa kucing yang mungkin tidak cocok dengan obat ovalumon ini sehingga tidak terjadi birahi malah menimbulkan over grooming atau grooming berlebih. Hal ini bisa jadi karena kondisi kucing yang masih kurang begitu fit. Mungkin bisa jadi dikarenakan adanya penyakit jamur atau kulit lainnya. 

Ketika saya amati dari beberapa breeder yang menggunakan ovalumon, 80% injeksi ini hanya bisa menaikkan birahi tanpa menaikkan zat pembentuk perkawinan lainnya. Sehingga 80% dari mereka mengalami perkawinan tapi gagal dalam kehamilan. 

"Kucing saya naik birahinya dan bisa langsung kawin. Tapi ternyata zonk alias gagal. Baru di perkawinan selanjutnya yang alami tanpa bantuan ovalumon, kucing saya baru bisa hamil," terang salah satu breeder di salah satu forum breeder menerangkan.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ovalumon hanya bisa membantu menormalkan fase birahi yang harusnya akan muncul setiap 2 minggu sekali pada kucing. Untuk perkawinan dan kehamilan tergantung dari kesiapan betina dan pejantan yang membuahi dari sel telur betina.

Sedang dari beberapa faktor diatas, kesehatan kucing adalah faktor utama dari proses menaikkan birahi. Oleh karena itu kami sangat merekomendasikan pemberian pakan terbaik yang sesuai dengan tumbuh kembang kucing. Selain itu, pemberian vitamin juga sangat dianjurkan. Apalagi vitamin yang bersifat herbal. Karena selain menyehatkan tubuh kucing, juga bisa mengurangi kinerja ginjal akibat bahan-bahan kimia.

B-NANO herbal vitamin adalah obat / vitamin alami yang dibuat dengan madu hutan dan beberapa bahaln lainnya. Sangat ampuh untuk menyehatkan kucing dan menambah nafsu makan. Untuk pembelian b-nano bisa diperoleh dengan mengklik link ini.