Menu Atas

Destinasi

Stop Panik, Ini dia Cara Atasi Kucing Tidak Mau Makan Pasca Melahirkan

Kehilangan nafsu makan pada kucing pasca melahirkan adalah hal yang wajar. Rasa sakit yang dirasakan kucing pasca melahirkan dan stress berlebih menjadi salah satu faktor penghilang nafsu makan pda kucing pasca melahirkan. Namun faktanya ada banyak hal yang sebenarnya menjadi penyebab kucing tidak mau makan.


Rasa sakit pada sekujur tubuh usai melahirkan adalah faktor utama kucing kehilangan nafsu makannya. Kucing akan fokus pada rasa sakitnya dan menghilangkan rasa sakit tersebut. perasaan sakit ini membuat kucing tidak nyaman serta tidak nafsu makan. Hal ini sangat wajar terjadi, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir.


Namun bisa juga tidak mau makan ini disebabkan oleh hal lainnya seperti kucing tidak menyukai makanan yang diberikan. Atau bisa saja terjadi sakit atau luka pada mulut dan sistem pencernannya juga bisa menjadikan kucing tidak mau makan.


Kemudian faktor utama lainnya adalah kucing masih merasa stress pasca melahirkan. Sakit saat melahirkan bisa jadi membuat kucing merasa stress. Kucing yang telah melahirkan umumnya akan menjadi lebih sensitif dan agresif. Maka sebaiknya jangan mengganggu kucing, atau biarkan kucing sendirian bersama anak-anaknya. karena jika anda terlalu mengganggu kucing bisa saja akan semakin stress dan tidak mau makan.


Terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kucing yang stress. Yakni jangan memisahkan induk kucing dengan anak-anak kucing pasca melahirkan. Buat lingkungan dan suasana yang sunyi, tenang, nyaman serta hangat. Terlalu sering mengganggu kucing dan membuatnya akan semakin stress.


Cara mengatasi kucing tidak mau makan ada banyak namun yang paling ampuh pertama adalah dengan memancing kucing dengan makanan yang memiliki aroma kuat. Kucing memiliki indara penciuman yang tajam. Maka sebisa mungkin berilah kucing makanan wet food yang beraroma kuat, atau makanan berbau menyengat lainnya seperti ikan dan kuning telur.


Selanjutnya anda juga dapat memberikan vitamin yang dapat menambah nafsu makan pada kucing. Vitamin memang sebaiknya diberikan, selain untuk menambah nafsu makan kucing juga sebagai penambah daya kekuatan kucing yang lemah pasca melahirkan.


Jika dengan cara tersebut kucing masih juga tidak mau makan, maka segeralah membawa kucing pada dokter hewan terdekat dan ditangani oleh pihak yang ahli agar tidak semakin parah dan menimbulkan penyakit lainnya.


Dokter hewan biasanya akan melakukan pemeriksaan lengkap dengan mengambil sampel darah kucing untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada kucing. Bahkan pada suatu kasus, bisa saja dokter melakukan prosedur pencitraan diagnostik menyeluruh pada kucing.


Bantuan yang dilakukan oleh dokter adalah memberikan cairan khusus atau intravena untuk menambahkan energi pada kucing. Sehingga dapat memulihkan kucing sesuai dengan kebutuhan kucing. Obat-obatan juga akan diresepkan sesuai dengan ketentuan dokter hewan tersebut.


Penting sekali induk kucing untuk makan sesuatu pasca melahirkan. Hal ini karena selain demi kesehatan induknya, makanan juga dapat tersalurkan melalui air susu yang akan diberikan pada anak-anaknya. jika sang induk tidak mau makan, maka apa yang akan dihisap oleh anak-anaknya tidaklah bernutrisi sama sekali. Pada kasus lainnya, jika induk tetap tidak mau makan dan tidak segera diberikan pertolongan, maka bisa saja bayi kucing yang akan menjadi korbannya.


Tentu hal ini tidak diinginkan, maka penting bagi anda sebagai pemilik kucing untuk memperhatikan dan merawat kucing pasca melahirkan dengan ektra. Agar hal-hal seperti diatas dapat terhindarkan dan kucing baik induk maupun anak-anaknya dapat tumbuh sehat.