Menu Atas

Destinasi

9 Tanda Kucing Akan Segera Melahirkan Yang Wajib Kamu Tahu

Tidak sedikit masyarakat yang kini beralih untuk memelihara kucing. Hewan lucu dan menggemaskan ini seringkali bertingkah manja dan selalu mengundang tawa. Tak heran mengapa banyak masyarakat yang merasa terhibur dan memilih memelihara kucing dibandingkan hewan lainnya.




Berkomitmen untuk memelihara hewan lucu ini juga termasuk untuk merawatnya, memberi makan, memberisihkan kotoran, memandikan, menjaga kebersihan kandang, tempat kotoran dan makanan kucing, serta banyak hal lainnya terkait kucing. Jika kucing anda betina, maka termasuk juga merawat kucing betina yang hamil juga.


Tanda kucing akan melahirkan


Menjaga kucing hamil agar tetap sehat dan nyaman hingga persalinan berlangsung adalah hal utama yang harus dilakukan oleh majikan kucing. Nah untuk itu penting bagi majikan untuk mengetahui tanda-tanda yang muncul dari kucing jika hendak melahirkan, agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini dia 9 tanda kucing akan segera melahirkan.


1.       Kucing mencari-cari Tempat yang Sepi dan Aman


Kucing yang sudah mondar-mandir berkeliling rumah guna mencari tempat yang aman dan sepi adalah tanda kucing akan segera melahirkan. Mengapa kucing mencari tempat aman dan sepi? Karena kucing ingin melahirkan dengan nyaman, aman dari para predator atau pengganggu lainnya seperti manusia.


Tempat yang dipilih umumnya adalah tepat yang jarang disinggahi yaitu gudang, atap rumah, almari, kotak yang telah disediakan oleh majikan kucing. Dengan tanda ini, anda dapat mempersiapkan apa saja barang yang disiapkan dalam persalinan kucing. Apabila melihat kucing berperilaku seperti ini maka segera buatkan tempat yang nyaman dari kardus atau kotak karton yang sudah dilapisi dengan handuk bersih.


2.       Kucing akan lebih suka tidur


Tanda selanjutnya adalah kucing menjadi lebih sering tertidur. Waktu terbanyaknya adalah hanya untuk tidur dan beristirahat. Kurang lebih waktu yang dihabisakan adala 20 jam dalam 1 hari untuk tidur. Jika pada manusia, wanita yang hamil lebih banyak tidur pada siang hari karena tidur malamnya terganggu atas kondisi yang kurang nyaman.


Namun pada kucing, kondisi ini bisa jadi karena induk kucing tengah mempersiapkan keperluan-keperluan baik fisik agar kondisik fisik kucing siap untui melahirkan. Dan danda tidak perlu khawatir jika kucing anda semakin banyak tidur menjelang waktu persalinan.


3.       Kucing akan lebih sering mengeong-ngeong


Mengeluarkan suara ‘Meong-meong’ secara terus menerus dan tiada henti akan terjadi pada kucing mendekati waktu melahirkan berlangsung. Hal ini dilakukan kucing betina sebagai pertanda untuk kucing jantan agar tidak mengganggu dan mendekati kucing betina yang hendak melahirkan ini. Gangguan dari kucing jantan disini adalah membawa serta anak kucing yang baru lahir. 


Bahkan kebanyakan kasusnya, bapaknya membawa kabur bayi kucing kemudian dimakannya sendiri.


4.       Menjilati Tubuh


Kondisi yang umum dilakukan oleh kucing yakni menjilati tubuhnya sendiri. Namun frekuensi menjilat tubuh pada kucing hamil yang mendekati waktunya bersalin akan menjadi lebih sering terjadi. Hal ini dilakukan kucing betina agar mendorong hormon yang memudahkan persalinan kucing.


5.       Mengeluarkan Kelenjar Susu Pada Calon Induk Kucing


Tidak asing lagi, kucing merupakan hewan mamalia yang melahirkan dan menyusui. Maka dari itu munculnya kelenjar susu pada kucing juga menjadi tanda bahwa kucing sudah dekat dengan waktu persalinannya. Sebenarnya kelenjar susu sudah muncul dan membesar sejak awal kehamilan, namun akan semakin terlihat kemerahan menjelang waktu melahirkan.


Apalagi jika puting susu telah mengeluarkan cairan kekuningan atau disebut juga dengan cairan kolostrum maka dapat dipastikan jika pada rentang waktu 1 pekan saja, kucing anda akan melahirkan bayi-bayi kucing yang sangat lucu dan imut.


6.        Sulit Bergerak


Sama halnya dengan manusia yang semakin besar usia kandungannya akan membatasi ruang gerak sang ibu. Pada kucing juga demikian, induk kucing dengan usia kandungan yang semakin membesar tentu akan menjadi susah bergerak akibat kondisi tubuhnya. Ini juga disebabkan oleh kontraksi yang dialami oleh kucing yang semakin membatasi gerakan sang kucing yang hendak melahirkan ini.


7.       Nafas Kucing Terenggah-enggah


Karena susah bergerak, maka kucing juga akan merasakan nafas yang terngah-engah. Bersamaan dengan itu, biasanya kucing juga akan merasakan denyut jantung yang lebih cepat dari umumnya. Pada kondisi ini juga, janin telah berpindah tempat ke mulut rahim induk dan bersiap untuk proses persalinan.


8.       Nafsu Makan Kucing Menurun


Kucing akan merasa malas makan karena kondisi tubuh yang kurang stabil. Sulit bergerak, nafas terengah-engah, perut yang mulai kontraksi, lemas dan hal lainnya yang membuat kucing akan semakin malas untuk makan. Sehingga nafsu makan juga akan menurun dibandingkan dengan biasanya.


9.       Pecahnya Air Ketuban Pada Induk Kucing


Tanda terakhir adalah pecahnya air ketuban pada kucing. Sama dengan manusia, kucing hami juga memilki air ketuban dalam kandungannya. Sehingga saat air ketuban ini pecah, sudah pasti persalinan akan segera berlangsung setelahnya dan anda cukup mempersiapkan tempat yang aman dan nyaman bagi kucing dan mengawasi kucing dari kejauhan.