Kaki Kucing Munchkin Cacat? Mitos Atau Fakta?

Nah kenalan dulu yuk sama kucing imut nan menggemaskan ini. Nama rasnya adalah Munchkin, kucing berkaki pendek dan bertubuh panjang. Tahukan anda ada mitor atau fakta yang mengatakan bahwa kaki pendek pada kucing munchkin ini adalah karena cacat fisik yang dialami sejak lahir sebab penyakit genetik. Yuk simak beberapa mitos atau fakta versi Ngucing.


Asal tubuh kucing, munchkin yang berkaki pendek ini dari mutasi genetik yang dominan. Kucing ini juga tidak memiliki gen munchkin secara natural dalam menghasilkan anakan kucing yang juga berkaki pendek. Namun, apabila sesama ras munckhinnya kawin, maka keduanya dapat mewarisi gen dominan dan anaknya tidak akan hidup lama.


Tidak salah jika hewan imut ini kadang disebut sebagai hewan yang mematikan, sebab anak yang dilahirkan dari gen yang sama tidak akan hidup. Maka banyak orang yang mengembangbiakkan kucing ini dengan ras kucing lainnya yang masih 1 rumpun.


Munchkin tidak cacat, juga tidak berpenyakit genetik. Melainkan didapatkannya kaki pendek tersebut dari hasil mutasi, sama halnya pada Sphynx yang kehilangan rambutnya disebabkan oleh mutasi genetik. Maka mitos jika ada yang mengatakan kucing munchkin itu cacat atau memiliki penyakit genetik.


Karena dianggap berbeda dari kucing pada umumnya, kucing munchkin seringkali mendapat perlakuan yang berbeda pula. Mitos mengatakan bahwa dengan kaki pendeknya itu akan membatasi ruang gerak kucing, namun faktanya, justru dengan kaki pendeknya itu yang membuatnya leluasa bergerak, melompat, berlari hingga memanjat dengan sangat lincah.


Tubuh mungilnya juga dinilai tidak dapat melindungi diri sendiri dari hewan pemakan lainnya. bertahanan diri terbaik dari kucing ini adalah dengan memanjat. Apabila ada pemangsa yang datang, kucing ini akan berlari dengan sangat cepat dan memanjat pohon atau apapun yang tinggi di dekatnya dan tidak perlu khawatir akan jatuh ya.


Mitos sekali jika ada yang mengatakan kucing ini harus diletakkan di dalam ruang tertentu karena tidak bisa melindungi dirinya sendiri. Selanjutnya mitos yang terbantahkan adalah mengenai kucing munchkin yang tidak bisa tumbuh dan berkembang atau bahkan terhambat. Mitos ini muncul dikarenakan kakinya yang pendek, yangmana dipercaya tidak akan tumbuh memanjang lagi.


Faktanya kaki milik kucing munchkin memang pendek sejak lahir, namun badannya akan tetap tumbuh seperti kucing-kucing lainnya. jadi tidak ada ceritanya ibu kucing munchkin akan tetap bentuk dan ukurannya dengan anak kucing munchkin. Hal ini menunjukkan bahwa kucing munchkin juga mengalami pertumbuhan sama dengan kucing lainnya.


Terakhir kucing ini dikabarkan bahwa kaki pendek akibat dari mutasi tersebut menimbulkan penyakit. Pasalnya memang hal ini merupakan fakta. Sebab dari mutasi kucing menyebabkan kucing semakin rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Masalah kesehatan yang paling rentan terjadi pada kucing munchkin adalah masalah tulang belakang. Misalnya seperti lordosis dan osteoarthritis.


Untuk masalah lainnya yang terjadi pada kucing ini, ada baiknya apabila langsung mengkonsultasikan pada dokter hewan terdekat. Hal ini dilakukan agar kucing segera mendapatkan pertolongan yang tepat dari tangan yang tepat pula.


Sudah tau bukan, mana yang mitos dan mana yang fakta. Ini bisa anda jadikan pedoman ketika hendak memutuskan untuk memelihara dan mengembangbiakkan kucing ras munchkin ini. jadi tidak salah lagi memilah dan memilih mitor dan fakta unik mengenaik kucing munchin yang banyak bedanya dengan kucing dari ras-ras lainnya.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *