Sejarah Kucing Kaki Pendek, Munchkin Beserta Perilaku Menggemaskannya

Kucing jenis munchkin adalah kucing unik dan menggemaskan. Sebab kakinya yang pendek membuat ras kucing yang satu ini menjadi sangat populer. Namun, tahukah anda bagaimana sejarah munculnya kucing yang menggemaskan ini? yuk simak sejarah singkat dari kucing ini.



Sejarah kucing munchkin pertama kali ditemukan


Pada dasarnya kucing lucu ini sudah ada sejak abad 20 awal, lebih tepatnya pertama kali dicatat tahun 1940 di Amerika. Mengutip dari Kitten Toob, H.E Williams-Jones yang seorang dokter berasal dari Inggris meninggalkan catatan mengenai empat generasi kucing kaki pendek yang didiagnosis sehat. Namun kucing ini ditemukan menghilang selama Perang Dunia II. 


Sedangkan di daerah lainnya, Stalingrad, Rusia pada tahun 1956 dan 1970 di New England muncul kucing kaki pendek beberapa kali. Namun pada catatan lainnya mengatakan bahwa kucing ini adalah penemuan oleh Sandra Hochenedel pada tahun 1983 yang merupakan guru musik secara tidak sengaja. Sandra memberinya nama Blackberry dan anaknya Toulouse.


Sebenarnya kucing ini sudah terlihat sejak awal tahun 90 an, namun keberadaannya resmi diakui di awal 1990 oleh TICA (The International Cat Association) dan SACC (South African Cat Council). Karena kakinya pendek, beberapa komunitas kucing juga menentang, sebab dinilai mendorong kucing tumbuh dengan kondisi cacat fisik. 


Diberi nama Munchkin, kucing ini mengambil salah satu nama dari karakter serial buku OZ-L. Frank Baum. Bentuk tubuh dengan kaki pendek ini didapatkan Munchkin dari mutasi spontan, gen autosomal dominan dan ini membuat tulang kaki kucing menjadi pendek. Dan memiliki sifat genetik dwarfisme juga menjadikan anak keturanannya memiliki bentuk tubuh yang sama pula. 


Umumnya kucing akan dikawinkan dengan ras yang sejenis untuk menghasilkan peranakan yang mirip induknya. Namun berbeda pada kucing munchkin yang apabila di kawinkan dengan ras sejenisnya akan menimbulkan mutasi genetik. Maka biasanya kucing ini akan di kawinkan dengan kucing domestik short atau longhair.


Kelebihannya, meskipun memilki kaki pendek, munchkin ternyata dapat berlari cepat. Pergerakannnya gesit dan cepat, seperti hewan musang. Selain berlari, kucing ini juga senang sekali bermain dan berpelukan. Berikan mainan yang merangsang stimulus kucing.


Persilangan kucing munchkin dengan jenis ras lain


Untuk persilangan kucing jenis Munchkin ini biasanya dikawinkan dengan kucing ras La Perm yang nantinya dari persilangan ini akan tumbuh jenis Skookum dengan bulu sedikit keriting. Sedangkan jika disilangkan dengan ras Scottish Kilts akan menghasilkan kucing dengan kaki oendek dan telinga terlipat.


Dan yang terakhir adalah minskin dan bambino yang didapatkan dari persilangan Munchkin dengan Sphynx atau Kinkalow dari Americal Curl, Lambkin dengan Selkkirk Rex, dan Napoleon dari Persia, Himalaya dan Exotic Shortair. 


Sudah banyak masyarakat yang menyukai kucing jenis ini dan berusaha mengembangbiakkannya sendiri dengan berbagai jenis ras kucing diatas. Namun anda tidak perlu khawatir kok karena si imut nan lucu ini ternyata memiliki usia yang panjang, yakni 12 hingga 15 tahun apabila perawatannya baik. Berat badannya 2 – 4 Kg dengan panjang tubuh sekitar 25-30 cm. 


Kucing Munchkin ini juga memiliki kebiasaan unik dengan duduk lucu yang khas seperti kelinci. Posisi ini yaitu dengan membawa kaki belakang kucing untuk diduduki oleh kucing Munchkin. Tidak berhenti di cara duduknya yang unik, kucing ini juga memiliki kebiasaan unik yaitu menjelajahi rumah dari ujung ke ujung tiap sudut di rumah. Maka jangan kaget jika kucing ini didapati berada di ujung ruangan sedang bermain dengan lincahnya. 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *