Menu Atas

Destinasi

Beberapa Cara yang Dilakukan untuk Merawat Kucing Setelah Melahirkan

Pada umumnya kucing akan hamil selama 65 sampai 67 hari. Menjelang masa itu kucing akan menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan. Yang diperlukan bagi majikan adalah mempersiapkan perlengkapan yang mendukung agar proses melahirkan dapat berjalan secara lancar. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk merawat kucing pasca melahirkan.




1.       Membersihkan Tubuh Kucing

Karena melahirkan, tubuh induk kucing tentu akan sangat kotor, maka bantu kucing dengan membersihkan bulu-bulunya. Bantu kucing juga dengan menyisir bulu sembari mengusapkan handuk atau kain basah hangat pada tubuh kucing. Kemudian keringkan dengan handuk bersih kering, jika perlu gunakan hairdyer pada kucing dan sisir kembali bulu kucing.


2.       Memberikan Makanan Kaya Protein dan Mineral

Pasca melahirkan kucing telah menguras banyak energi dan menyebabkan kucing akan terasa lemas tidak bertenaga. Maka berikan makanan yang kaya akan protein dan mineral untuk memulihkan stamina kucing. Atau bisa juga menggunakan ikan rebus atau kukus 3 kali 1 pekan yang juga tinggi kandungan proteinnya.


Berikan porsi yang lebih banyak dari biasanya, karena biasnya induk kucing hanya menghidupi dirinya sendiri. Namun, ketika ia menyusui maka akan menambah 3-4 posi makanan yang nantinya tersalurkan pada anak kucing melalui asi.


3.       Menyediakan Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman yang dimaksudkan adalah tempat yang bersih, tidak berisik dan tentunya hangat. Apabila memadai, berikan 1 ruangan khusus untuk kucing melahirkan serta membesarkan anaknya, kurang lebih hingga anaknya bisa berjalan. Berikah lampu penghangat untuk menambah hangat pada suhu ruangan tersebut.


Usahakan unuk membersihkan ruangan, litter box, tempat makanan dan minuman secara teratur ya. Serta pada kebersihan ruangan dan handuk alas tidur induk dan anak kucing tersebut. Pastikan tidak ada kotoran dan bau menyengat yang mengganggu kucing.


4.       Pemerikasaan Pasca Melahirkan

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh pada induk maupun anak kucing. Untuk induknya sendiri, pastikan semua anak kucing sudah keluar semua. Periksa juga suhu tubuh induknya, apakah plasenta sudah terlepas semuanya. Dan yang paling penting apakah induk mau menyusui bayinya, apabila tidak dampingi bayi kucing dengan susu formula dan konsultasikan pada dokter hewan.


Selanjutnya lakukan pemerikasaan pada penyakit yang mungkin saja menyerang induk kucing, seperti Mastitis atau infeksi kelenjar susu kucing, dan hypocalcemia atau deman susu atau kurangnya kalsium pada induk kucing. Dan yang terakhir adalah endrometitis atau infeksi serius pada uterus yang membutuhkan perawatan inap bagi kucing.


Selain itu periksa cacingan pada induk kucing maupun anak kucing. Beberapa cacing itu adalah cacing tambang, cacing pita dan cacing gelang. Untuk mengobatinya, konsultasikan kepada dokter hewan terdekat mengenai masalah ini.


Memeriksa kucing sangatlah penting, agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa saja ditularkan induknya melalui asi yang diberikan pada anak kucing. Dengan begitu masalah kesehatan akan teratasi dengan baik.


5.       Mengubah Posisi Tempat Tidur, Litter Box dan Tempat Makan dan Minum Kucing

Tempat tidur kucing dirubah sedemikian rupa agar menambah kenyamanan bagi induk kucing dan anaknya. berikan alas handuk yang bersih dan kering, letakkan beberapa lapis handuknya agar kucing mersa hangat dan nyaman.


Dekatkan litter box, kotak tempat makanan dan minuman kucing dengan tempat tidur kucing yang masih berada dalam 1 ruangan. Pastikan kucing dapat menjangkau tempat tersebut dengan mudah untuk membuang kotoran, makan dan minum.


6.       Memberi Suplemen dan Vitamin

Suplemen digunakan untuk menambah kalsium, mineral, magnesium fosfor dan natrium pada kucing hal ini bermanfaat untuk kucing agar tidak amnesia dan tidak dehidrasi. Begitu pula dengan vitamin yang diberikan pada kucing asalkan sesuai dengan dosis dan takarannya. Semuanya dilakukan agar menjaga kesehatan bagi induk dan anak kucing.


7.       Menjaga Jarak

Yang terakhir adalah menjaga jarak dengan kucing yang telah melahirkan, sesab kucing akan merasa terganggu jika berada di dekat orang lain, dan kekhawatiran berlebih juga bisa menyebabkan kucing stres. Maka pantau kucing dari kejauhan, apabila kucing terlihat kesusahan maka bantu kucing.


Nah itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kucing setelaj melahirkan. Semoga induk dan anak-anak kucing sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit ya.