Iklan

Artikelkotoran kucingmenghilangkan bau kotoran kucing

Cara Mendeteksi Kesehatan Kucing dari Kotorannya?

Kotoran kucing ternyata bisa loh dijadikan sebagai acuan akan kondisi kesehatan kucing. Bagaimana bisa? Hal ini sama halnya pada manusia. Beberapa kondisi pada kotoran akan menunjukkan kondisi kesehatannya. Meskipun terlihat menjijikkan, namun jangan salah! Bisa jadi kucingmu terindikasi masalah kesehatan tertentu.

Menghilangkan bau kotoran kucing dengan menggunakan Pupi Vitamin


Sebelum melangkah pada apa saja kondisi kotoran kucing. Sebaiknya cek dulu frekuensi kucing mengeluarkan kotoran. Karena selain bentuk, warna dan baunya, frekuensi keluarnya kotoran juga mempengaruhi kondisi kesehatan kucing loh!


Waktu Normal Kucing Mengeluarkan Pup


Pada umumnya kucing akan mengeluarkan kotoran sebanyak 1 kali hingga 2 kali dalam sehari. Namun seringnya kucing akan buang air besar 1 kali sehari. Hal ini menunjukkan kucing kamu dalam kondisi sehat. Kucing dengan kondisi ini biasanya menjaga konsistensi untuk tetap buang air besar 1-2 kali dengan jumlah yang konsisten pula.


Tetapi adakalanya kucing akan mengalami kesulitan buang air ketika bertambahnya uasia, kesulitan yang dimaksudkan adalah lamanya waktu mengejan di litter boxnya. Dan sebaliknya apabila kucing buang air besar lebih dari 2 kali sehari, maka kamu perlu untuk membawanya konsultasi dengan dokter hewan terdekat sebab adanya masalah pencernaan pada tubuh kucing. Sama halnya dengan konsistensi banyaknya kotoran yang keluar juga mengindikasikan kucing dalam kondisi kurang sehat.


Bentuk Kotoran Kucing


Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah bentuk dari kotoran kucing. Untuk kotoran kucing yang terindikasi sehat adalah bersifat keras atau padat, dan berbentuk seperti batang kayu, bongkahan, atau kombinasi keduanya. Namun, jika kucing kamu memiliki kotoran yang tidak memiliki ciri tersebut, seperti tidak terbentuk (bersifat kental atau lunak) dianggap diare dan ini merupakan indikasi akan penyakit radang usus pada kucing.


Warna Kotoran Kucing


Setelah bentuk, maka warna tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Pada kondisi sehat kucing umumnya aka n mengeluarkan kotoran berwarna coklat tua. Akan terindikasi tidak sehat apabila berwarna kehitam-hitaman serta kadang disertai darah, hal ini biasanya menunjukkan adanya potensi serius dan bisa jadi dapat menjadi rute bagi bakteri untuk memasuki aliran darah kucing.


Apabila warna kotoran kucing coklat muda maka bisa jadi terdapat masalah hati atau pankreas pada kucing. Namun pada lain hal seperti diet tinggi serat juga akan menghasilkan kotoran kucing yang berwarna lebih terang.


Kotoran kucing yang baik juga tidak berlendir. Tidak juga berlapis, sebab lapisan pada tinja bisa menjadi indikasi kolitis. Jika menemui hal-hal tersebut maka segera bawa kucingmu ke dokter hewan terdekat untuk penanganan yang tepat sebelum terlambat.


Isian Kotoran Kucing


Kucing mengeluarkan kotoran untuk membuang berbagai hal yang masuk pada sistem pencernaannya. Tidak hanya ampas dari makanan, namun bulu atau rambut kucing juga seringkali keluar bersamaan dengan kotoran kucing. Hal ini wajar sebab kucing memiliki sistem grooming untuk dirinya sendiri yaitu menjilati tubuhnya sendiri. 


Namun apabila didapati jumlah bulu yang keluar berlebihan atau banyak, itu tandanya kucing terlalu banyak menggrooming dirinya sendiri. Kondisi ini dapat dikaitkan dengan tingkat stress kucing, kuliat gatal-gatal atau penyakit lainnya.


Sama halnya dengan bulu berlebihan, kamu juga perlu waspada apabila kotoran kucing berisikan cacing pita. Hewan ini berciri-ciri memiliki warna mengkilat putih dan seukuran seperti beras. Adanya cacing pita dapat menyebabkan kucing mengalami penurunan berat badan, muntah, merasa tidak nyaman dengan daerah sekitar anus dan cacing ini juga bisa menular pada kucing-kucing lainnya.


So, itu dia yang perlu diberhatikan pada kotoran kucing dan dapat dijadikan sebagai indikasi akan kondisi kesehatan kucing kamu. Penting untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan kucing dan juga mengawasi apa yang dimakan oleh kucing juga menjadi salah satu tindakan yang tepat untuk membuat kucing tetap nyaman dan sehat.