Menu Atas

Destinasi

Majikan Baru? Ini dia Tips Memilih Kucing Bagi Pemula

Memutuskan untuk mengadopsi anabul bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali persiapan yang perlu anda perhatikan sebelumnya. Tidak gampang juga memilih ras kucing apa yang hendak di adopsi, karena sejatinya tiap ras kucing membutuhkan perawatan yang berbeda-beda, ada yang sangat mudah dan simple, namun ada pula yang lumayan susah atau butuh ketelatenan tersendiri. 



Berikut adalah rekomendasi ras kucing yang cocok untuk majikan pemula:


1.       Ras Kucing Shorthair

Memutusakan untuk memelihara kucing jenis Shorthair dapat anda pertimbangkan, karena dengan bulu yang lebih pendek anda tidak akan kesusahan menyisir setiap hari bulunya. Bahkan pada beberapa kucing, akan mengalami bulu rontok, nah untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat bulu-bulu kucing ini, pilihal ras short hair ini sangat cocok.  Beberapa kucing yang dapat anda pilih adlaah Kucing Sphtnx dan Devon Rex yang notabene memeiliki bulu yang sangat tipis dan halus. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk menyisir dan mengurus bulu rontok kucing.


2.       Ras Kucing Siam dan Japanese Bobtails

Jenis ras selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah kucing Siam dan Japanese Bobtails. Kedua kucing ini dikenal sebagai kucing yang dijamin merupakan kucing yang sangat ramah dan sika berinteraksi dengan pemiliknya. Hal ini tentu akan sangat memudahkan anda sebagai pemilik pemula bukan? anda akan mudah sekali akrab dengan anabul yang baru anda pelihara.


3.       Ras Kucing Maine Coon dan Birma

Anda memiliki anak-anak kecil dirumah? Namun ingin memelihara kucing? Kucing ras Maine Cooon dan Birma sangat cocok untuk anda. Mengapa demikian? Karena jenis ras tersebut adalah kucing yang bersahabat dengan anak-anak. Kucing ras ini senang dan nyaman berada di dekat anak-anak, terlebih jika anda memperlakukannya dengan sangat baik, maka kucing juga akan sangat aman untuk dipelihara bersama dengan anak kecil di rumah anda.


4.       Ras Kucing Bengal

Bengal adalah salah satu kucing yang direkomendasikan untuk dimilik oleh majikan pemula, karena jenis ras ini mudah dilatih. Anda dapat perlahan melatihnya sejak kecil, seperti untuk melakukan sesuatu berdasarkan apa yang anda ucapkan. Misalnya anda memerintah untuk mengambil sesuatu, memintanya berdiri, duduk, datang ketika dipanggil dan lainnya, menarik bukan?


5.       Ras Kucing American Short Hair

Mengapa ras ini? selain karena ras ini juga mudah dilatih, ras kucing ini ternyata bisa anda kombinasikan dengan peliharaan anjing anda loh! Jika anda menginginkan untuk memelihara kucing namun anda memiliki anjing, American Short Hair pilihan yang tepat. Ras ini dapat akur dengan anjing, jadi anda tidak perlu khawatir mereka akan bertengkar dan membuat keributan di rumah anda. Pilihan ras kucing lainnya adalah kucing Tonkin.


6.       Ras Kucing Mixbreed

Masih banyak lagi jenis ras lainnya yang dapat anda jadikan pilihan untuk memelihara kucing di rumah anda. kurang lebih ada sekitar 40 hingga 80-an jenis ras kucing. Dan masing-masing jenis kucing memiliki perilaku dan perawatan yang berbeda-beda. Kecocokan seseorang dengan ras kucing tertentu juga berbeda tergantung tingkat kesibukan dan gaya hidup pemiliknya. Namun banyak orang memilih mixbreed karena memiliki banyak variasi dan dari tingkat harga juga lebih terjangkau.


Selain ras yang perlu diperhatikan adalah pilihan jenis kelamin kucing. Pada dasarnya kucing jantan akan lebih besar dibandingkan kucing betina. Apabila anda memutuskan untuk memelihara kucing jantan dan tidak dikebiri, anda harus siap jika nanti saat birahi kucing akan lebih sering keluar rumah. Ditakutkan kucing akan berkelahi dengan kucing lainnya, kawin dengan kucing betina disekitarnya atau terpapar virus dan bakteri dari kucing jalanan.


Namun jika anda memelihara kucing betina dan saat birahi kucing ini akan lebih berisik dan mengeong dengan keras untuk menarik perhatian kucing jantan. Selain itu, tentukan juga jumlah yang ingin anda adopsi. Cukup 1 dulu atau sekalian ramai-ramai. Untuk kasus anda yang sangat sibuk, direkomendasikan untuk memelihara 2 saja dulu. Karena mereka bisa saling menghibur dan menemani satu sama lain jika anda tidak memiliki begitu banyak waktu untuk bermain dengan mereka.