Yuk Kenali Jenis Vaksin yang Tepat Untuk Kucing dan Anjing!

Bicara soal hewan peliharaan yang satu ini, memang tidak akan lepas dari sikap dan perilakunya yang selalu ada-ada saja dan menggemaskan. Membuat hewan kucing dan anjing banyak digemari dari berbagai kalangan untuk mengadopsinya.



Penyakit bisa tiba-tiba menjangkit hewan peliharaan anda, maka penting anda selalu memperhatikan berbagai aspek. Baik dari tingkah lakunya yang berubah, nafsu makannya, rotasi antara bermain dan tidur dan hal lainnya. ini dapat anda jadikan sebagai indikator untuk mengukur tingkat kesehatan kucing anda.


Namun bagaimana membuat kucing atau anjing agar terhindar dari paparan virus atau infeksi lainnya yang mengganggu kesehatan hewan peliharaan. Hal ini dapat anda cegah dengan melakukan vaksinasi pada hewan peliharaan kesayangan anda.


Apa sih vaksinasi itu, dan bagaimana vaksinasi dapat mencegah dari berbagai penyakit? Jadi vaksinasi adalah pemberian vaksin yang ditujuakan untuk membentuk sistem imun atau kekebalan tubuh kucing, sehingga dapat menangkal virus atau infeksi yang menyerang.


Nah berikut informasi penting terkait vaksinasi pada kucing dan anjing, walaupun banyak persamaannya, namun tidak ada salahnya bukan untuk anda mengetahui dan mempelajarinya?


Kucing akan diberikan vaksin Felocel 3 (F3) pada usia sekitar 3 hingga 12 bulan. Vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah penyakit rhinotracheitis yaitu gangguan pada saluran pernapasan, calicivirus yang membuat mulut kucing berdarah, dan terakhir panleukopenia yang menyerang organ vital kucing.

Kemudian vaksinasi kedua menjadi F4. Pada vaksinasi ini, vaksin yang diberikan sama dengan vaksin pertama dengan pencegahan penyakit yang sama pula. Namun ditambah chlamydia, yaitu jenis penyakit yang sering menyerang bagian mata si kucing. Atau agar kucing tidak mudah belekan dan menyehatkan matanya kucing juga.


Untuk rentang waktu pemberian vaksinasi pada kucing yang berusia 5 hingga 11 bulan, biasanya dokter hewan akan memberikan dosis pertama terlebih dahulu. Hingga berselang 1 bulan, barulah kucing akan diberikan dosis yang kedua. Namun berbeda pada kucing dengan usia yang sudah menginjak 12 bulan dan masih belum pernah melakukan vaksin yang pertama, maka dokter akan lagsung melakukan vaksin kedua.


Setelah mendapatkan vaksinasi dosis 1 dan 2, selanjutnya adalah dosis ketiga. Dengan rentang waktu sekitar 1 tahun sejak vaksinasi kedua. Untuk pemberian vaksinasi tetap sama dengan pencegahan terhadap penyakit yang sama pula, hanya saja ditambahkan rabies. Vaksinasi tahap 3 ini juga sebaiknya dilakukan 3 – 4 kali per tahunnya untuk pembentukan antibodi secara sempurna.


Nah bagaimana dengan biayanya? Biaya vaksinasi pertama kucing sekitar Rp. 175.000 hingga Rp. 200.000 tergantung dimana dokter hewannya dan wilayah domisili. Sedangkan vaksinasi kedua berkisar seharga Rp. 200.000 – Rp. 250.000 dan pada vaksinadi yang ketiga, mulai dengan Rp. 100.000 sampai Rp. 120.000. Nantinya kucing akan diberi buku tanda vaksinasi atas nama kucing dengan majikannya.

Anjing juga memerlukan vaksinasi. Berbeda dengan kucing, anjing memiliki 8 penyakit yang harus dihindari untuk menjaganya tetap sehat. Vaksinasi ini juga dilakuakan dengan 3 tahapan. Vaksin tahap 1, biasanya akan diberikan pada rentang usia 3 hingga 12 bulan untuk pencegahan terhadap 6 penyakit sekaligus.

6 penyakit tersebut ialah parvovirus, yakni gangguan pada saluran pencernaan, distemper untuk penyakit pernapasan, parainfluenza untuk batuk ringan, hepatitis pada fungsi hati, coronavirus pada radang pencernaan, dan leptospirosis untuk penyakit yang disebabkan oleh veses atau urin tikus yang biasanya tercampur pada makanan dan minuman anjing.


Setelah pemberian vaksinasi tahap pertama terseut, anjing akan menjalani vaksinasi tahap 2. Yaitu dengan rentang waktu 1 bulan dari vaksin pertama. Untuk jenis vaksinasinya sama hanya saja ditambah dengan bordotella yaitu untuk batuk jangka panjang.


Maka 1 tahun kemudian, baru anjing akan mendapat 7 vaksinasi untuk menghindari penyakit-penyakit diatas, dan ditambahakan dengan rabies. Untuk masa pengulangannya juga sama dengan kucing. Yaitu sebaiknya pada 3 hingga 4 tahun sekali.


Untuk hanga vaksinasi pada anjing juga hampir sama dengan kucing. Namun karena vaksinasi pada anjing lebih banyak, maka pada vaksin pertama, rata-rata adalah Rp 200.000. Sedangakan pada vaksin kedua sekitar Rp 220.000. Dan pada vaksin ketiga yakni Rp 100.000 hingga Rp 120.000. Cukup terjangkau bukan? yuk segera daftarkan kucing dan anjing kalian ke dokter hewan terdekat ya.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *