Bahaya Jamur Kucing pada Manusia dan Cara Pengobatannya

Jamur pada kucing disebabkan oleh infeksi yang masuk pada kucing lewat hidung, mulut atau pada luka goresan kucing yang terbuka. Parasit yang menemukan jalan ini akan masuk dan berkembang biak didalamnya dan menghasikan spora. Akibatnya kucing akan mengalami infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh kucing.


Terdapat berbagai jenis jamur kucing, seperti Aspergillosis, Misetoma, Kandidiasis, Histoplasmosis, Sporotrikosis, Rinosporidiosis, Koksidioidimikosis dan jenis jamur lainnya. jika dibiarkan pun jamur ini bisa berbahaya dan menyerang saluran pernafasan.



Namun tahukan kamu bahwa jamur pada kucing ini bisa menyerang manusia loh? Ha bagaimana bisa? Iya jamur pada kucing bisa menular pada manusia. Hal ini disebabkan karena pemiliknya kuarang menjaga kebersihan baik pada kucing beserta kandangnya maupun kebersihan tangan setelah memegang kucing.


Selain ditularkan kucing melalui kulit yang tidak dicuci bersih, jamur kucing ini menular dengan cepat apabila manusia sedang memiliki kondisi tubuh yang kurang sehat. Imun yang turun membuat manusia juga rentan akan terpapar penyakit, apalagi jika kamu memiliki bekas luka yang terpapar jamur ini.


Untuk mengobatinya sebenarnya cukup mudah karena pada dasarnya organisme parasit tidak akan bisa bertahan hidup lama dalam tubuh manusia. Namun kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk mengobatinya.


1.       Periksa Ke Dokter

Yang paling sering dilakukan manusia ketika sakit adalah periksa ke dokter. Periksa kepada yang memang ahli dan mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan memang cara yang terbaik. Sebab penanganan yang tepat akan menunjukkan hasil maksimal. Dokter akan memberikan resep obat untuk mengobati rasa gatalmu yang disebabkan oleh jamur itu.


Biasanya dokter akan meresepkan obat dalam dan obat luar untuk proses cepatnya penyembuhan. Kamu bisa menebus obatnya dan segera mengaplikasikan obat dalam dengan meminum sesuai anjuran dokter dan mengoleskan obat luar pada bagian yang terpapar jamur.


2.       Menggunakan Obat Dalam

Pengobatan selanjutnya adalah pengobatan dalam, yaitu menggunakan obat yang diminum. Jika kamu tidak ada waktu untuk pergi ke dokter, kamu bisa mengobatinya menggunakan obat dalam yang didapatkan dari apotik terdekat.


Apoteker akan menunujukkan obat yang sesuai yang bisa kamu konsumsi sebagai obat anti jamur. Tujuan obat ini adalah membasmi jamur dari dalam tubuh sehingga antibody secara alami akan menghancurkan sel jamur yang bersarang pada lapisan kulit manusia. Sehingga menyebabkan jamur rontok dan menghilang dengan cepat dan efektif.


3.       Menggunakan Obat Luar

Cara terakhir adalah yang paling umum digunakan yaitu menggunakan salep alias obat luar. Banyak salep yang dibuat untuk mengusir jamur dari kulit manusia. Misalnya saja miconazole, terbinafine dan clotrimazole. Salep tersebut cukup mudah didapatkan yaitu di apotik terdekat. Dan juga terbukti ampuh untuk mengusir jamur yang menempel pada kulit manusia.



Untuk penggunaannya, bersihkan bagian kulit yang berjamur dan keringkan dengan tisu setelah itu oleskan pada bagian kulit berjamur yang bulat melingkar menggunakan cutton bath. Agar lebih steril ganti cutton bath tiap kali akan mengoleskan salep di bagian yang berbeda. Oleskan pula pada bagian samping lingkaran jamur agar mencegah jamur tumbuh semakin melebar.


Demikian cara yang bisa kamu aplikasikan untuk mengobati jamur kucing yang tertular pada manusia. Nah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ini, sebaiknya kamu juga harus menjaga kebersihan agar tidak tertular jamur kucing.


Selain mengantisipasi tertularnya jamur, kamu juga wajib untuk menjaga kebersihan kandang dan peralatan kucing lainnya. Perhatikan kondisi kesehatan kucing dan rajinlah memandikan kucing ya supaya terbebas dari penyakit kutu dan jamur.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *