Tahukah Kamu ada Kucing Pemakan Mie Instan?

Pernah nggak sih kamu menemukan ada kucing yang mengkonsumsi mie instan? Aneh ya? Tapi ada loh. Contohnya aku punya teman nih, dia punya kucing anggora putih bagus gitu. Kagetnya aku pas temen aku masak mie instan tiba-tiba. Undah ke pd-an banget aku kalau mau dikasih tuh mie, mana perut lagi lapar pula ya, hahaha.


Ternyata setelah mie instan gorengnya matang, temen aku bagi 2 dan naruh di tempat makan kucing. lah aku yang kaget, nanya lah ke temenku itu. “itu buat kucing mie nya?” heran banget aku, baru tau ada kucing makan mie instan goreng.



Temenku manggut-manggut dan menjelaskan kalau kucingnya itu nggak mau makan kalau bukan mie instan. Kucingnya suka banget sama mie instan, pernah katanya diganti sama makanan kucing wet food dan dry food, tapi kucingnya malah nggak mau makan sama sekali. Pas dikasih mie instan eh langsung doyan lahap banget.


Nah dari situ temenku kasih kucingnya makan mie instan tiap hari. Nah gitu itu gimana ya menurut kesehatan? Apa boleh kucing hanya mengonsumsi mie instan setiap hari? Apa tidak akan berdampak pada kondisi kesehatan pencernaanya?


Pada dasarnya kucing telah lama bersahabat dengan manusia, begitupula dengan makanannya. Banyak kok kucing yang memang doayan makanan manusia. Seperti tempe, nasi, kerupuk, donat bahkan mie instan.  Namun ada baiknya jika hal-hal seperti ini tidak dilakukan. Sebaiknya berikan makanan kucing sesuai dengan makananya.


Bahaya konsumsi mie instan pada kucing secara berlebihan atau terus menerus bisa saja terjadi, terutama pada sistem pencernaannya. Mie instan diketahui memiliki tekstur kenyal dan agak susah untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu mie instan juga tidak memiliki kandungan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh kucing.


Beberapa penyakit atau masalah yang ditimbulkan ketika kucing kamu mengonsumsi mie instan setiap hari. Kucing akan mengalami kekurangan gizi dan menjadi semakin kurus. Kucing akan menjadi lemah dan tidak aktif. Organ pencernaannya bisa terganggu dan menyebabkan kucing muntah atau bahkan diare. Kucing akan mudah terserang penyakit dan membuatnya mudah meninggal.


Setalah membaca banyak hal yang menjadi permasalahan saat mengonsumsi mie instan, kamu jadi tahu kan bahwa itu tidak baik dilakukan. Dokter saja menyarankan untuk tidak mengonsumsi mie instan tiap hari pada manusia, sama halnya dengan kucing dong. Namun ada nggak sih manfaat dari pemberian mie instan pada kucing ini? Manfaat satu-satunya dari mie instan bagi kucing adalah sumber tenaga.


Jika kamu merasa memang harus sekali memberikan mie instan, kamu perlu menambahkan protein lainnya yang menunjang gizi kucing. seperti ikan, ayam dan daging. Atau kamu bisa menyelingi dengan makanan khusus kucing. jangan berikan mie instan setiap hari.


 


Kurangi konsumsi mie instan pada kucing secara berkala jika memang kucing kamu sudah terbaiasa mengonsumsinya. Pengurangan berkala ini dapat membantu kamu agar kucing menjadi terbiasa dengan makanan lainnya, yaitu makanan khusus kucing yang sudah terfomulasi dengan kebutuhan nutrisi kucing.


Berikan makanan kucing dengan berbagai varian rasa agar kucing dapat menemukan rasa favoritnya dan mulai melupakan rasa dari mie instan. Jika kebiasaan baik ini dimulai, maka berhentilah menyodori kucing dengan mie instan ya, agar kucing kamu tidak lagi tergoda untuk memakannya. Sebab lebih banyak bahaya atau masalah yang ditimbulkan daripada manfaatnnya, so tetap jaga pola makan kucing ya agar kucing tetap sehat dan berusia panjang.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *