Menu Atas

Destinasi

Ketahui Begini Tips Merawat Anak Kucing dan Induknya Setelah Melahirkan

Perawatan kepada kucing, tidak hanya dilakukan kepada kucing yang akan melahirkan namun perawatan juga akan dilakukan pasca melahirkan. Merawat induk beserta bayinya agar tetap terjaga kesehatan dan memantau juga perkembangan bayi kucing. Nah berikut tips untuk merawat anak kucing dan induknya setelah melahirkan.


Anak kucing baru lahir

Pada kasus kucing yang melahirkan sendiri di rumah, anda sebaiknya membawa kucing ke dokter hewan terdekat baik induk maupun anak kucing 1 pekan setelah persalinan kucing. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kesehatan kucing dan vaksinasi apabila diperlukan dan kucing belum pernah divaksin sebelumnya. Pengobatan cacing juga penting untuk induk kucing guna keselamatan dan perlindungan bagi induknya dan juga anak-anak kucing.


Pada minggu kedua hingga minggu ketiga pasca persalinan, berikan perhatian yang besar terhadap induk kucing. Begitupula pada anak-anak kucing, pada minggu-minggu inilah anak kucing mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Serta banyak sekali permasalahan pasca persalinan yang mungkin saja terjadi pada anak kucing anda selama periode tersebut.


Apabila induk kucing telah lama menjadi hewan peliharaan anda, induk kucing akan lebih menyukai perhatian berlebih yang anda berikan terhadap kucing anda. namun berbeda ceritanya pada kucing yang belum pernah anda rawat sebelumnya, misalnya pada kucing jalan yang umumnya lebih senang bersembunyi pada tempat yang sepi dan menjauhi untuk bertemu dengan orang.


Untuk mendeteksi apakah anak kucing tetap baik-baik saja, anda cukup memperhatikan apakah anak-anak kucing tersebut mendapatkan susu dan pantau terus perkembangannya. Apabila anak mendapat asi dari sang induk dan terus berkembang maka dapat dipastikan anak-anak kucing tumbuh dengan baik.


Tips selanjutnya adalah memberikan kehangatan dan kenyamanan pada induk beserta anak-anak kucing. Berikan tempat yang tidak berisik dan tenang, atau sebaiknya gunakan ruangan tersendiri khusus untuk induk dan anaknya kucing. Selanjutnya tetap menjaga kehangatan ruangan, anak kucing cenderung belum bisa menyesuaikan dan mengatur suhu tubuhnya dan ini memungkinkan anak kucing akan kedinginan.


Anak kucing yang kedinginan dapat menyebabkan masalah, dan berbahaya bagi kesehatannya. Maka hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah menjaga kehangatan ruangan, berikan selimut atau handuk bersih sebagai alas tidur kucing, kemudian berikan lampu penghangat pada ruangan tersebut. Sehingga kucing dan anaknya akan merasa hangat.


Saat ruangan sudah hangat, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah makananannya. Anda harus memastikan adanya beberapa barang ini di dekat kucing anda, yaitu litter box, tempat makan dan minum yang sudah terisi. Karena nantinya akan dimakan oleh induk untuk anaknya, maka pilih makanan kalengan yang berkualitas dan mengandung KMR atau Kittern Milk Replacement. Dengan begitu induk akan memberikan asi yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk anak kucing.


Tips selanjutnya yang paling penting adalah memantau perkembangan anak kucing. Mulai dari hari ketiga dilahirkan, anak kucing akan membuka matanya dan bersamaan dengan itu tali pusarnya akan lepas. Kedutan saat tidur merupakan hal yang wajar terjadi pada anak kucing, hal ini menunjukkan tanda perkembangan sistem otot dan sarafnya.


Anak kucing akan belajar merangkak dan mencoba untuk berdiri pada minggu ke dua. Anak kucing juga mulai tumbuh gigi dan meresponnya dengan memasukkan jari ke dalam mulut. Dan pada usia tiga minggu, seharusnya anak kucing sudah aktif berjalan dan bermain. Pada tahap ini berikan makanan bernutrisi tinggi yang mengandung KMR dan coba untuk mengenalkan litter box, namun tetap pastikan pasir tidak mengandung tanah liat.


Begitu pula pada induk kucing yang memperhatikan kebersihan area perut dan anus anaknya, induk akan menjilati anak-anaknya setelah menyusui agar mendorong pembuangan kotoran, jika induk tidak melakukannya maka bantu dengan kain yang hangat dan lembap. Semoga tips diatas bisa membantu ya.