Apa sih Steril Kucing Itu dan Apa Manfaatnya?

Sebagai pecinta kucing, tentu anda mengetahui istilah steril kucing atau biasa disebut kucing dikebiri. Istilah ini merupakan tidakan operasi untuk mengeluarkan organ reproduksi kucing seperti testis dan indung telur. Steril kucing hanya bisa dilakukan saat kucing sudah berusia lebih dari 4 bulan atau setelah vaksin pertama. Hal ini bertujuan untuk mencegah populasi kucing yang bertambah banyak. Selain itu steril kucing juga memiliki beberapa manfaat baik bagi kucing jantan maupun kucing betina.



Bagi kucing jantan, manfaat dari steril kucing antara lain adalah menurunkan resiko kanker testis yang dilakukan sebelum usia 6 bulan. Selanjutnya adalah menghindarkan kucing dari perkelahian. Sama halnya dengan manusia, memperebutkan lawan jenis incarannya dapat menyebabkan perkelahian. Pad kucing juga terjadi hal seperti ini. jika kucing jantan saling bertemu di wilayah teritorial yang sama dapat menyebabkan mereka berkelahi untuk memperebutkan kucing betina incaran mereka.


Mengurangi kebiasaan spraying atau menyemprotkan urine pada kucing jantan juga salah satu manfaat ketika kucing disteril. Setelah kucing disteril, mereka kucing akan cenderung berperilaku baik dan tidak agresif. Seperti kucing jantan yang kemungkinan besar tidak akan lagi menandai wilayahnya dengan menyemprotkan air seni di sekitar rumah.


Manfaat terakhir pada kucing jantan adalah menurunkan resiko terkena penyakit. Melakukan steril pda kucing dapat mengindarkan dirinya dari beberapa jenis penyakit menular seperti, leukimia atau FIV yang menurun. Maka untuk menghindari semua hal tersebut, anda dapat melakukan steril pada kucing jantan kesayangan anda.


Selanjutnya adalah manfaat steril pada kucing betina, diantaranya dalah menurunkan resiko tumor pada kucing. Tumor pada kucing betina bisa terjadi dan berkembang pada kelenjar susu kucing. Dengan melakukan steril, kelenjar susu kucing akan terhindar dari tumor, begitupula pada ovarium dan rahim kucing juga akan terhindarkan.


Selain itu anda juga akan terhindar dari suara gaduh atau bising dari mengeongnya kucing saat merasa ingin kawin atau biarahi. Mengeong dengan keras dan suara berbeda ini dilakukan kucing betina untuk menarik kucing jantan untuk mendekatinya. Namun jika anda telah mensteril kucing betina anda, anda akan terhindar dari keberisikan tersebut.


Steril pada kucing berina juga bermanfaat untuk menghindarkan kucing dari infeksi. Infeksi ini dapat berkembang pada rahim kucing atau disebut Pyometra. Untuk mencegahnya, yang dapat anda lakukan adalah melakukan sterilisasi pada kucing betina anda.


Manfaat yang terakhir adalah menghindarkan anda dari drama persalinan. Yaitu komplikasi persalinan pada kucing yang sedang hamil dan melahirkan. Maka dengan adanya sterilisasi ini akan membantu kucing mendapat kompliasi persalinan.


Terdapat prosedur yang perlu anda ketahui sebelum memutusakan untuk mensteril kucing anda. tindakan steril kucing ini disebut Orkidektomi yang dilakukan melaui operasi. Pada kucing jantan dilakukan pengangkatan kedua testis kucing untuk menghikangkan sumber utama hormon testosteronnya. Pada kucing betina, pengangkatan terjadi pada indung telur dan rahin sehingga kucing betina tidak bisa hamil.


Syarat dari steril itu sendiri adalah kucing sudah berusia diatas 4 bulan atau telah melakukan vaksin pertama. Sebelum steril dimulai kucing wajib setidaknya berpuasa 6 hingga 8 jam sebelum operasi. Namun kurang lebih 2 hingga 3 jam sebelum operasi kucing masih boleh minum. Kondisi kesehatan kucing juga faktor penting yang menentukan apakah kucing boleh di streil atau ditunda terlebih dahulu.


Kucing yang dinyatakan sehat akan menjalani prosedur steril dengan memberikan suntikan obat penenang, obat bius dan obat pereda nyeri oleh dokter hewan. Setelah itu dokter mulai membedah kucing jantan, dengan memberikan 2 sayatan kecil pada sisi strotum dan testis segera dipotong dan diangkat. Pada kucing betina sayatan akan dibuat pada perut kucing dan dokter akan mengikat dan mengangkat rahim serta indung telur kucing.


Setelah alat reproduksi sudah terangkat, maka dokter akan menjahit kembali bagian sayatan tersebut. proses sterilisasi pada kucing akan terjadi kurang lebih 2 jam dan kucing akan bangun dari operasi sekitar 10 hingga 20 menit. Beberapa jam kemudian barulah kucing diperbolehkan untuk pulang dan menjalani rawat jalan dari rumah. Dokter biasanya akan memberikan resep obat pereda nyeri pada kucing pasca operasi steril ini.


Waktu pemulihan pasca steril bisa saja berbeda-beda tiap kucing. Namun umunya waltu pemulihan pada kucing berkisar 7 hingga 14 hari. Untuk komplikasi pasaca operasi, anda dapat berkonsultasi pada dokter hewan tempat kucing anda operasi.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *